Mengenal Webmaster SEO Ranking Faktor Update 2015

Seorang webmaster tentu akan meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seo. SEO adalah sebuah strategi atau taktik bagaimana situs web kita atau klien kita bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari, terutama search engine Google, sebagai mesin pencari yang paling populer di dunia. Dan membangun backlink profile yang memiliki otoritas bagus tentu didambakan setiap webmaster, karena backlink jenis ini akan mudah memberikan peringkat web kita di mesin pencari.

Faktor SEO Yang Penting Anda Ketahui


Dengan menguasai sedikit ilmu SEO tentu akan mendapat manfaat darinya. Anda bisa mendatangkan trafik atau visitor ratusan bahkan ribuan pengunjung dari ilmu SEO terutama jika kamu telah sedikit menguasai SEO Footprint yang bisa kamu pelajari disini. SEO memang sebuah ilmu yang tak pasti, bisa berubah-ubah sesuai dengan algoritma pemilik mesin pencari tersebut. Tak lain bertujuan agar para user bisa mendapatkan informasi yang cukup berkualitas, lengkap, cepat dan bisa memberikan pengalaman tersendiri. SEO bukanlah ilmu pasti, seperti matematika, 1+1=2, SEO bisa lebih fleksible dan tak terbatas tergantung situasi dan kondisi.

Baiklah, setelah mengenal sedikit mengenai SEO, maka kali ini saya akan memberikan info yang berhubungan dengan dunia SEO. Faktor SEO apa sajakah yang bisa mempengaruhi peringkat/rangking web agar bisa berada di halaman pertama? Oke, kita ulas bersama-sama. Menurut saya sebagai salah satu pelaku SEO, Faktor SEO yang cukup penting secara garis besar ada 3 bagian. Beberapa orang ada yang mengatakan ada 200 faktor SEO yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Namun jika Anda telaah lebih teliti 200 faktor tersebut bukan merupakan jaminan web anda bisa masuk halaman pertama.

1. Relevansi

Memberikan hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung. contoh : Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci "Faktor SEO Yang Penting Anda Ketahui", tentu Google.co.id ingin menampilkan situs-situs tentang "Faktor SEO Yang Penting Anda Ketahui" di halaman pencariannya. Jika Google gagal melakukan hal tersebut, tentu pencari informasi bakal kapok menggunakan Google dan bakal beralih ke mesin pencari lainnya seperti Bing, Ask, Yahoo, dll.

2. User Experience

a. Google

Dilain sisi selain ingin menampilkan relevansi juga ingin menampilkan hasil yang user experience kepada pencari. contoh : mencari keyword "nabila JKT48" tetapi malah sampai ke situs yang rusak karena navigasinya buruk sehingga kesulitan mencari foto, informasi tentang "nabila JKT48" dll, maka si pencari akan menekan tombol back dan cari ke situs lain, google akan mengasumsikan bahwa situs ini tidak bagus. karena user experience menentukan tingkat ketahanan blog disuatu halaman. indikasi yang google lihat untuk menentukan user experience tersebut adalah bounce rate : "tingkat seberapa betah pengunjung ada di blog anda".

Semakin tinggi bounce rate anda, maka semakin rendah skor anda di mata Google. Average page views per visit anda juga berpengaruh, semakin sedikit, semakin rendah skor anda di mata Google. Di sisi lain, semakin rendah bounce rate anda, maka semakin tinggi posisi anda di Google. Bagaimana Google tahu bounce rate anda? Pertama dari Google Analytics (jika anda memasangnya), dan kedua dari pengunjung yang menekan tombol “back” di browser mereka SEGERA setelah mereka sampai ke situs anda.

b. Kualitas Konten

Ada kecenderungan kualitas konten yang mempunyai ketahanan dan ranking tinggi bukan karena internal link dan DA (Domain Authority) tinggi namun si web tersebut punya kualitas konten yang bagus dan lebih dari 1000 kata.

c. Outbound dan Inbound

Halaman yang relevan itu adalah termasuk faktor user experience yang bagus. Google mengasumsikan bahwa situs dengan banyak link ke artikel lain yang relevan merupakan salah satu indikator user experience yang bagus. Tentu saja, karena dengan inbound link dan outbound link ke halaman yang relevan, user bisa mencari tahu lebih banyak tentang suatu topik dengan lebih mudah.
Para pemula sering salah paham dan mengira bahwa semakin banyak link yang keluar dari situsnya, maka semakin buruk posisinya di Google. Padahal jika yang ia link merupakan halaman yang relevan, justru hal sebaliknya lah yang terjadi.

d. Menahan Diri dari Iklan

Menahan diri dari iklan maksudnya adalah menghindari memasang iklan bagi anda seorang ads publisher yang sifatnya mengganggu pengunjung seperti : pop-up iklan dan terlalu banyak pasang iklan di blog itu akan mengakibatkan bounce rate semakin tinggi.

e. Kecepatan Situs

Pastikan pilih theme yang bagus dari penyedia theme profesional. pilihlah theme / template yang SEO Friendly dan Responsive misalnya : menggunakan template gratis SEO Friendly WooThemes atau yang premium theme seperti Genesis atau bisa juga menggunakan Thesis bagi pengguna wordpress self hosting. Untuk pengguna Blogger bisa mencari theme-theme yang banyak bertebaran di internet.

f. Kurangi Plugins

Jika anda menggunakan platform wordpress sebaiknya kurangi penggunaan Plugins, agar tidak berpengaruh pada loading theme. Semakin banyak plugin yang anda pakai maka semakin lambat pula akses ke website anda. Disamping itu, terlalu banyak plugin yang anda pasang akan mengurangi bandwith kuota hosting anda.

g. Jangan Terlalu Banyak Gambar

Memakai gambar sebagai pemanis atau pendukung artikel memang sah-sah saja. Namun menggunakan gambar yang terlalu banyak, dengan file yang cukup besar, akan menyebabkan website anda lambat untuk diakses pengguna. Untuk itu sebaiknya sebelum gambar diterbitkan bisa kamu kompres telebih dahulu agar ukuran file tidak terlalu besar.

3. Crawlability dan Indexation

Intinya adalah kemudahan situs anda untuk di crawl dan diindex oleh Google spider. Halaman yang terlalu banyak flash, javascript, iframe itu lebih sulit dicrawl oleh google, sehingga mempengaruhi ranking. Google bisa meng-crawl gambar tapi dia tidak tahu itu gambar apa, tapi dia tahu melalui "alt". karena google itu adalah spider yang punya sumber daya yang terbatas maka secara otomatis akan susah untuk meng-crawl satu-persatu halaman yang tidak disukai google.

Itulah beberapa hal mengenai Faktor SEO Yang Penting Anda Ketahui, semoga saja bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai dunia SEO yang tak terbatas ini. Oh ya jangan lupa baca juga Mengenal Cara Optimasi On Page Yang Benar Menurut Google yang telah saya tulis di blog ini. Dan semoga bermanfaat untuk anda, jika anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan beri komentar di bawah ini.

Artikel Terkait Mengenal Webmaster SEO Ranking Faktor Update 2015 :